Renungan Hari Minggu 21 Januari 2024

Renungan Hari Minggu 21 Januari 2024

Renungan Hari Minggu 21 Januari 2024

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Minggu 21 Januari 2024. Dalam bacaan Injil Markus 1:14-20 hari ini mengisahkan tentang “Waktunya telah genap. Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”

Setelah kematian Yohanes, mungkin banyak dari kalangan orang Yahudi dan kaum Farisi yang mengira Yesus juga akan sembunyi. Ternyata tidak.

Malahan Yesus datang ke Galilea untuk mewartakan Kerajaan Allah dengan refren: “Bertobatlah dan percayalah kepada Injil”.

Seruan kenabian ini mengajak umat manusia untuk kembali kepada Allah dan menerima kabar gembira yang diwartakan Yesus.

Menyadari betapa pentingnya pewartaan Injil dan mendesaknya untuk melanjutkan kenabian, Yesus membutuhkan bantuan banyak orang.

Maka, dipilihlah beberapa orang dari penjala ikan untuk dijadikan penjala manusia. Para murid bukan orang-orang hebat, mereka adalah orang-orang biasa, sederhana, mungkin juga tidak pandai.

Mereka adalah nelayan. Pekerjaan bagi rakyat jelata. Akan tetapi, Yesus berinisiatif untuk memilih mereka dan mengubah mereka dari penjala ikan menjadi penjala manusia.

Para murid yang dipanggil pun tidak banyak protes. Mereka langsung mengikuti Yesus dan meninggalkan apa yang selama ini mereka tekuni.

Menjadi murid Yesus adalah rahmat. Inisiatif itu pertama-tama datang dari Yesus. Dari pihak para murid hanya dibutuhkan kemauan untuk berkata “siap”.

Bahkan mereka tidak ada persiapan sama sekali. Mereka segera meninggalkan apa yang selama ini jadi andalan mereka dan dengan segera dan tanpa menunda mereka mengikuti  Yesus. Bagaimana dengan kita?

Apakah kita siap mengikuti Yesus? Menjadi seorang murid tidak  butuh kehebatan kita melainkan keterbukaan pada kehendak-Nya dan siap diubah oleh Yesus.

Doa Penutup

Bapa kami yang di surga, berilah kami hati yang terbuka seperti para murid yang segera mengikuti Putra-Mu dan siap untuk dibentuk menjadi pewarta kasih-Mu. Amin.

Demikianlah Renungan Hari Minggu 21 Januari 2024, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url