Renungan Hari Jumat 26 Juli 2024

Renungan Hari Jumat 26 Juli 2024

Renungan Hari Jumat 26 Juli 2024

Bapak, Ibu dan Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Jumat 26 Juli 2024. Dalam Bacaan Injil Matius 13:16-17 hari ini mengisahkan tentang, Berbahagialah matamu karena telah melihat, berbahagialah telingamu karena telah mendengar.

Nasehat Kitab Sirak hari ini,  mengajak orang-orang untuk hidup baik dan berguna bagi semua orang bangsa dan Negara. Hal ini dicontohkan sebagai  orang-orang yang termashur. Orang semacam ini akan dikenang sepanjang masa.

Hal ini mau menunjuk bahwa segala perbuatan baik itu bernilai kekal dan tidak sia-sia. Seluruh anak cucu dan keturunan akan selalu membicarakannya, merupakan penggambaran bahwa hidup orang itu tidak lenyap dan habis setelah kematian. Ada kehidupan lain setelah kematian.

Bukan pujian dan kenangan abadi manusia itu yang dicari, Sirakh mengajarkan nilai-nilai moral, nilai-nilai rohani yang baik dan luhur dan  mempunyai nilai keabadian. Inilah yang menyelamatkan manusia, sehingga turun temurun  hidupnya dikenang dan dibicarakan.

Contohnya adalah para kudus yang santo dan santa Gereja saat ini. tidak akan lenyap ditelan masa, sebaliknya orang-orang yang demikian akan menikmati hidup abadi bersama Allah di sorga.

Orang-orang semacam inilah orang kesayangan, yang kebajikannya tidak sampai terlupa; semuanya tetap tinggal pada keturunannya sebagai warisan baik yang berasal dari mereka. Keturunannya tetap setia kepada perjanjian-perjanjian, dan anak-anak merekapun demikian pula keadaannya.

Keturunan mereka akan tetap tinggal untuk selama-lamanya, dan kemuliaannya tidak akan dihapus. Dengan tenteram jenazah mereka ditanamkan, dan nama mereka hidup terus turun-temurun. Bangsa-bangsa bercerita tentang kebijaksanaannya, dan pujian mereka diwartakan jemaah” (Sir 44:10-15).

Kutipan dari Kitab Sirach ini hendaknya kita renungkan dan hayati dalam cara hidup dan cara bertindak kita sebagai orang beriman. Kita semua orang beriman dipanggil untuk mengusahakan cara hidup dan cara bertindak yang bijaksana atau bijak.

Apa yang bijak atau bijaksana senantiasa menyelamatkan dan membahagiakan, terutama keselamatan dan kebahagiaan jiwa manusia. Salah satu bentuk keutamaan yang bijaksana adalah kasih pengampunan, sebagaimana telah dihayati dan diajarkan oleh Yesus, Guru dan Tuhan kita.

Di dalam puncak penderitaanNya di kayu salib, Ia tidak balas dendam kepada mereka yang menyalibkan, melainkan mengampuni mereka dengan berdoa “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Luk 23:34).

Mazmur, Kesetiaan Daud kepada Tuhan.  

Mazmur ini mengungkapkan isi hati Daud yang menggambarkan kesetiaannya kepada Tuhan. Ia merasa tak layak tinggal di istana, jika belum membangun Bait Allah (ayat 2-5). Oleh karena itu, ia mohon agar Tuhan mengizinkannya melaksanakan keinginan tersebut.

Dengan alasan tertentu Tuhan tidak mengizinkan Daud membangun rumah bagi-Nya. Tuhan mengetahui dalamnya kasih Daud kepada-Nya. Tuhan berjanji akan membalas kesetiaan Daud. Hal itu diwujudkan-Nya dalam kerajaan Daud yang besar serta ditetapkannya keturunan Daud, yakni Salomo sebagai raja terbesar sepanjang sejarah Israel (ayat 11).

Kita mempelajari dua hal: (ayat 1) Tuhan adil dan bijaksana, karena Ia tidak pernah melupakan kasih dan kesetiaan anak-Nya. (ayat 2) Kesetiaan dan pengabdian Daud kepada Tuhan adalah teladan bagi generasi selanjutnya. Tuhan sangat adil dan bijaksana; Ia tidak pernah melupakan kasih dan kesetiaan anak-Nya yang berseru kepada-Nya.

Pilihan Allah. Suatu kerajaan yang kokoh akan digenapi pada saat kedatangan Yesus Kristus sebagai Raja. Dialah yang diurapi Allah; semua musuh-musuh-Nya akan ditaklukkan-Nya; dan semua umat-Nya beroleh kemenangan. Sambutlah kedatangan- Nya.

Injil hari ini, Percaya dan mengerti. 

Proses beriman mirip proses belajar. Di sekolah kita belajar banyak hal yang belum kita mengerti. Ketika kita tidak mengerti suatu pelajaran, seharusnya tindakan kita adalah bertanya. Jadi, orang yang tumbuh dalam pengertiannya adalah orang yang memelihara sikap haus belajar dan berani bertanya.

Para murid tidak mengerti mengapa Yesus mengajar dengan perumpamaan (ayat 10). Yesus memakai perumpamaan untuk beberapa fungsi.

Pertama, untuk menegaskan sifat rahasia Kerajaan Surga. Untuk masuk Kerajaan Surga, perlu pembukaan yang datang dari pihak Allah yang harus ditanggapi dengan iman (ayat 11). Jadi, inisiatif Allah mutlak diperlukan, baik untuk menyatakan rahasia Kerajaan Allah maupun untuk membimbing orang agar menanggapi pewartaan Kerajaan Allah itu dengan iman.

Kedua, perumpamaan berakibat ganda. Kepada orang yang dikaruniai hati responsif akan terjadi proses bertanya, mencari, beroleh tuntunan, dan aktif mengimani. Orang itu akan mengalami pertumbuhan rohani.

Untuk orang yang bebal, perumpamaan akan membuat Kerajaan Surga semakin tertutup baginya bahkan membuat orang itu mengalami proses pembutaan rohani lebih lanjut (ayat 14-15).

Dampak perumpamaan yang memisahkan pendengar ke dalam dua kelompok itu kini terjadi. Para murid langsung menyatakan ketidakmengertian mereka kepada Yesus. Ini adalah langkah iman. Akibatnya, Yesus memberikan penjelasan dan menerangi hati mereka.

Orang banyak tidak demikian. Mereka bertahan dalam kegelapan pikiran dan hati mereka. Karena mereka tidak percaya, maka arti dan makna Kerajaan Allah tertutup bagi mereka. Bahkan, itu menjadi pesan penghukuman bagi mereka. Akan tetapi, bagi yang percaya perumpamaan menyingkapkan arti dan makna Kerajaan Allah.

Hari ini kita merayakan Peringatan Wajib St. Anna dan Yoakim, orangtua Bunda Maria, nama mereka tidak ada dalam Kitab Suci. Nama mereka hanya diketahui melalui tulisan apokrip “Injil-Awal Yakobus” yang diperkirakan berasal dari abad II. Sejak abad VI, penghormatan kepada St Anna sudah sangat populer di Gereja Timur. Di Gereja Barat (Roma), penghormatan itu baru mulai pada abad X.

Menurut tradisi, St Anna lahir di Bethlehem dan menikah dengan St Yoakim yang berasal dari Nazaret. Keduanya adalah keturunan wangsa Daud. Hingga usia tua, pasangan itu tak memiliki anak.

Maka, meniru teladan Ibrahim, Yoakim lalu pergi ke padang gurun untuk berpuasa selama 40 hari. Malaikat muncul dan memberitakan bahwa mereka akan memiliki anak perempuan. Maka, bagi Anna dan Yoakim, sejak dikandung, Maria adalah buah dari pengharapan yang tekun dan merupakan mukjizat besar dari Allah.

Sabda bahagia bagi mereka yang ‘telah melihat dan mendengar, karena banyak nabi dan orang benar tidak bisa melihat dan mendengar apa yang dilihat dan didengar oleh orang-orang zaman Yesus’ (lih. Mat 13:16-17).

Kedua orang tua Bunda Maria itu adalah orang berbahagia karena dengan sikap kesederhanaan, pengharapan, serta kepercayaan mereka akan kebaikan Allah, pada akhirnya mereka sungguh-sungguh mampu mendengar suara Tuhan dan melihat mukjizatnya dalam peristiwa kelahiran Maria. Layaklah kalau mereka menjadi teladan sejati keluarga Kristen di zaman ini.

Doa Penutup

Bapa surgawi, pada hari “peringatan Santo Yoakim dan Santa Anna” ini, secara khusus kami berdoa untuk semua orangtua agar mereka terbuka bagi rahmat yang Engkau berikan bagi kehidupan keluarga yang benar di mata-Mu.

Berikanlah kepada kami rahmat untuk mempersiapkan diri kami bagi peranan apa pun yang Engkau tentukan bagi kami masing-masing dalam hidup ini. Amin.

Demikianlah Renungan Hari Jumat 26 Juli 2024, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url